KESEIMBANGAN TEKNIK SIPIL



KESEIMBANGAN TEKNIK SIPIL


Keseimbangan dalam ilmu sipil
     Untuk mencapai suatu bangunan yang sempurna SNI nya lah kalo cara bahasanya , maka bangunan itu haruslah seimbang ya balance hehehe,kenapa harus seperti itu? dikarenakan bangunan yang seimbang antara gaya satu dan gaya yang lainya saling mendukung atau sama sehingga gaya aksi reaksi yang akan ditimbulkan menjadi 0, karena seimbang , jadi amat pentinglah untuk masalah keseimbangan dalam bangunan.

Diagram Benda Bebas

Diagram benda bebas adalah sebuah sketsa yang menunjukan sebuah benda dan gaya yang bekerja padanya . Diagram benda bebas mengisolasi benda yang menjadi perhatian.diagram benda bebas diperlukan untuk setiap masalah statika yang sedang diselesaikan.
Pertamma kali yang harus dilakukan untuk menyelesaikan persoalan statika adalah menggambar diagram benda bebas . Contoh sederhana untuk menjelaskan hal terssebut adalah :

TUMPUAN DAN GAYA REAKSI

Keseimbangan menurut hukum newton :

 -Hukum  pertama : sSebuah partikel teruss bergerak pada garis lurus atau tetap diam jika tidak ada gaya tak seimbang pada partikel tersebut .hukum pertama newton ini mendefinisikan keseimbangan statis. Pada keadaan diam,tidak ada gaya tak seimbang atau jumlah momen adalah nol (Sigma M = 0)dan jumlah gaya adalah nol ( Sigma F = 0)
 -Hukum kedua     : Akselerasi percepatan partikel adalah proporsional terhadap besar gaya yang bekerja padanya. menyatakan bahwa F<a (dibaca : Gaya  F proporsional terhadap akselerasi a )
 -Hukum Ketiga    : untuk setiap aksi akan ada reaksi yang sama besar dan berlaewanan arah . mendefinisikan interaksi antara benda dan lingkungan di luar benda ,yaitu reaksi.

Penggunaan konsep keseimbangan
Untuk menentukan besaran gaya reaksi yang diberikan oleh tumpuan struktur , berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan :
    -Gambar sebuah diagram benda bebas (freebody) untuk memisahkan struktur dari lingkungannya dan gantikan semua tumpuan ddengan gaya gaya reaksi.
     -Pastikan bahwa reaksi adalah statis tertentu (statically determinant) dan struktur stabil.
     -Susun persamaan keseimbangan dan pecahkan persamaan tersebut .

Reaksi statis tertentu
Pada struktur 2 dimensi kita memiliki 3 persamaan keseimbangan (pada 3 dimensi,6 persamaan keseimbangan). Oleh karena itu reaksi statis tertentu pada 2 dimensi berarti ada 3 gaya yang tidak diketahui dan 3 persamaan keseimbangan.
Jika terdapat lebih dari 3 reaksi  atau lebih 6 pada sistem 3 dimensi , maka kita memiliki satu set reaksi statis tak tentu. Sebaliknya jika terdapat kurang dari 3 reaksi atau kurang dari 6 pada sistem 3 dimensi ) maka kita memiliki satu struktur yang tidak stabil

Share

& Comment

 

Copyright © 2015 Material Bahan Bangunan™ is a registered trademark.

| Blogger Templates Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.